Menapaki Kemajuan Dunia Digital Bersama Simpati Telkomsel

Dua belas tahun yang lalu, saya memiliki handphone untuk pertama kalinya. Sebuah handphone keluaran terbaru yang saya beli melalui seorang teman. Dan itu pertama kalinya saya mengenal yang namanya sim card, kartu pintar yang akan menjembatani pengguna handphone dengan operator seluler untuk mendapatkan layanan telekomunikasi. 
"Pakai simPATI saja ya, yang di mana-mana mudah." kata temanku waktu itu. Ternyata maksudnya adalah sinyal simPATI itu bisa diterima di mana-mana dengan baik.

Kartu Perdana Simpati

Dengan handphone itu saya bisa lebih dekat dengan saudara dan teman-teman yang tinggal di luar kota. Bapak dan Ibu saya juga lebih mudah berkirim kabar dengan dua saudara saya yang merantau ke Sumatera. Tak ada lagi surat menyurat melalui kantor pos. Kegiatan menulis surat mulai tergantikan oleh senam jari untuk menulis pesan dari handphone. Dan biasanya pada akhir minggu kami bisa bercakap-cakap melalui panggilan telepon. Jaringan simPATI yang menjangkau ke seluruh propinsi di Indonesia memudahkan kami untuk saling terhubung.

#IndonesiaMakinDigital dan saya berada dalam arus kemajuan teknologi komunikasi digital. Sempat lima kali berganti handphone, dari yang berlayar kecil 1,6 inchi hingga saat ini smartphone dengan layar yang jauh lebih lega. Dari yang tadinya hanya berfungsi dasar seperti sms dan telepon hingga sekarang smartphone dengan fitur-fitur canggih untuk browsing, chatting, berkirim email dan berbagai aplikasi lainnya. Aktivitas di dunia maya pun sudah sangat berbeda bila dibandingkan dengan dua belas tahun lalu. Dan selama waktu itu pula simPATI Telkomsel selalu tersemat di handphone saya.
Ada banyak layanan yang diberikan simPATI Telkomsel untuk kemudahan pelanggannya. Berikut di antaranya :

Talkmania
Suatu waktu, seorang teman yang tinggal di luar kota sering menelpon saya. Kami mengobrol cukup lama, tentang teman-teman alumni, tentang kegiatan kami sehari-hari dan banyak hal lainnya. Saya pikir, apa tidak boros ya kalau menelpon lama seperti itu. Belakangan baru dia bilang kalau dia sering telpon saya dalam rangka menghabiskan sisa paket Talk Mania. Ouw, ternyata ...
Simpati Talk Mania adalah layanan nelpon gratis untuk pelanggan simPATI Telkomsel. Untuk dapat menikmati layanan ini pelanggan harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menghubungi *999*4# dan kita akan diantarkan ke beberapa menu pilihan paket Talkmania. Di situ kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Collect SMS

Collect sms Telkomsel

Ini salah satu layanan Telkomsel yang sangat membantu saat pulsa habis, tapi mau mengirim pesan SMS. Contohnya begini, saya tidak mempunyai pulsa, tapi mau mengirim SMS untuk Ibu saya. Kita kirimkan saja SMS nya,  maka secara otomatis sistem akan menawarkan apakah kita akan meneruskan pesan tersebut dengan biaya yang akan ditanggung oleh Ibu saya. Ibu saya akan menerima SMS pemberitahuan bahwa saya telah gagal mengirimkan SMS dan meminta konfirmasi apakah bersedia menerima pesan dengan menanggung biaya sms tersebut. Pilih "YES" maka SMS akan dikirimkan ke Ibu saya. Jika pilih "NO" maka SMS tidak akan dikirimkan.

Telkomsel Flash
Telkomsel Flash Simpati

Bagi saya ini adalah "best of the best" nya produk Telkomsel. Telkomsel Flash adalah layanan internet super cepat tanpa kabel ( wireless ) yang disediakan oleh Telkomsel untuk seluruh pelanggan kartuHalo, SimPATI, LOOP dan Kartu As. Dengan jangkauan luas  dan dukungan teknologi LTE/HSDPA/3G/EDGE/GPRS, Telkomsel Flash memberikan koneksi yang stabil dan cepat untuk akses internet kapan saja dan di mana saja. Tarifnya memang lebih mahal dari operator lain, tapi kualitasnya boleh diadu.

Saya pernah sangat terbantu dengan layanan Telkomsel Flash ini. Yaitu saat saya harus membantu teman saya mendownload ulang bukti registrasi pendataan PNS yang hilang, padahal saat itu juga berkas harus lengkap. Karena masih jam dinas dan tak ada waktu untuk mencari warnet, saya mencoba menggunakan smartphone dengan paket internet Telkomsel Flash simPATI. Dan meski saya mengakses internet dari ruangan tertutup di dalam gedung bertingkat, proses download sangat lancar, masalah pun terselesaikan.

Layanan internet super cepat dari Telkomsel Flash dapat diaktifkan melalui *363#, MyTelkomsel Apps atau bertransaksi langsung di telkomsel.com/internet. Ada beberapa pilihan paket kuota yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kantong kita.

Selain itu masih ada lagi layanan dari simPATI Telkomsel seperti transfer pulsa, kemudahan isi ulang, serta yang belum sempat saya coba adalah ber-internet dengan Wifi id dan kemudahan upgrade nomor lama kita ke jaringan 4G lte Telkomsel.

Sekilas Tentang GraPARI
Saya pertama kali ke GraPARI waktu masih memakai handphone yang pertama. Dan kedua kalinya adalah saat sim card simPATI saya dipotong menjadi mini sim card di sebuah counter hape tapi akhirnya malah tidak berfungsi. Sehingga harus minta ganti sim card yang baru ke GraPARI.
GraPARI adalah pusat layanan pelanggan Telkomsel. Di sini kita bisa mencari solusi saat ada masalah dalam menggunakan produk Telkomsel. Selain itu GraPARI juga menjual produk dari telkomsel seperti Kartu As, karu HALO dan simPATI. Bagi saya GraPARI itu seperti representasi dari produk Telkom itu sendiri. Pelayanan yang baik dan tempat yang nyaman terbukti memberikan kesan tersendiri bagi pelanggan yang pernah datang ke sana.

Kini dengan internet orang semakin mudah mencari dan berbagi informasi. Gadget, batere dan wifi seperti kebutuhan pokok bagi mereka yang tidak mau gagap teknologi. Semoga ke depannya Telkomsel Indonesia selalu memberikan pelayanan terbaiknya agar sinyal kuat simPATI Telkomsel dapat dinikmati dengan mudah, lebih terjangkau, yang bisa diandalkan masyarakat untuk #IndonesiaSemakinDigital.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸